Menu
0857-4376-6444
0857-4376-6444
5F193A6F

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja
Untuk Pemesanan Jasa Ekspedisi Selain JNE silahkan Hubungi Kami terlebih Dahulu

Mengenal kerja Enzim di dalam tubuh

Saturday, March 12th 2016.

Mengenal Enzim Tubuh

Enzim adalah katalis protein yang dibentuk didalam sel tubuh makhluk hidup, katalis adalah suatu zat yang bertugas mempercepat atau memperlambat reaksi. Pada akhir reaksi tersebut dilepaskan, zat tersebut aka kembali ke bentuk semula. Katalisator yang ada di daam sel kahluk hidup dapat disebut dengan biokatalisator atau enzim. Tentunya sebagai katalis enzim memiliki fungsi yang relative dominan dan menyangkut seluruh aktivitas kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Misalkan enzim sangat diperlukan dalam proses sintesis dan penguraian, eskresi, penyediaan enegi, transportasi, regenerasi sel serta detoksifikasi. Enzim adalah penyebab suatu perubahan, contoh buah-buahan yang masih mentah menjadi matang, penyebab kematangan buah itu hingga dari mentah menjadi matang karena disebabkan adanya enzim di dalam buah tersebut. Enzim tidak hanya berada didalam buah yang matang, akan tetapi juga berada dalam tubuh setiap makhluk hidup. Enzim menjadi katalis (ikut dalam reaksi, tetapi tidak mengubah reaksi tersebut) dalam setiap reaksi biologi dan kimia yang terjadi dalam tubuh. Inilah sebabnya enzim merupakan pekerja dalam tubuh yang tidak boleh dimusnahkan.

Ada tiga golongan enzim utama didalam tubuh manusia

  1. Enzim makanan
  2. Enzim pencernaan
  3. Enzim metabolic

Enzim makanan bisa didapatkan dengan konsumsi suplemen, makanan mentah, dan makanan olahan yang tidak dimasak dalam suhu terlalu tinggi atau dimasak dengan microwave. Enzim metabolic adalah enzim yang bekerja dalam jaringan darah dan organ tubuh. Enzim ini dibuat oleh organ-organ tubuh, juga terlibat secara langsung dalam semua proses fisiologis, seperti bergerak,berbicara, mendengarkan maupun bernafas.

Enzim pencernaan adalah enzim yang dikeluarkan oleh organ pencernaan dengan tugas utama menjalankan proses pencernaan. Proses pencernaan sendiri sudah dimulai ketika makanan dikunyah dalam mulut dengan bantuan enzim amylase. Kemudian hasil pencernaan makanan tadi masuk ke dalam lambung untuk diproses, lalu masuk ke usus duabelasjari (usus halus) hingga usus besar.

 

Karakter daripada enzim adalah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, enzim dibuat oleh sel makhluk hidup. Oleh karena it, jika tidak ada sel maka tidak ditemukan enzim, enzim memiliki sifat-sifat tertentu yaitu :

  1. Salah satu bentuk protein
  2. Mudah rusak
  3. Mempercepat reaksi
  4. Dapat digunakan berulang kali
  5. Bekerja diluar dan didalam sel
  6. Bekerja secara spesifik
  7. Bekerja dengan bantuan zat non protein
  8. Bekerja secara bolak-balik

 

Cara Kerja Enzim

Enzim dapat meningkatkan laju reaksi dalam tubuh manusia dengan cara menurunkan energi aktivasi. Energi aktivasi adalah energi yang diperlukan dalam proses reaksi bisa lebih cepat. Kerja sama enzim dan substrat harus secara konplementer agar dapat bereaksi. Ada 2 teori yang menjelaskan tentang kerja sama ini, yaitu teori gembok anak kunci (lock and key theory) dan teori kecocokan yang intrinduksi (induced fit theory).

  1. Teori gembok dan anak kunci (lock and key theory)

Kesatuan antara enzim dengan substratnya dapat diibaratkan seperti gembok dan anak kuncinya. Enzim yang telah bertemu dengan substratnya maka akan membentuk suatu reaksi yang komplek dan dapat menghasilkan produk enzim tertentu.

  1. Teori kecocokan yang terinduksi (induced fit theory)

Sisi aktif enzim adalah sesuatu yang flexible, sisi tersebut akan melindungi substrat yang masuk ke dalamnya agar terbentuk kompleks. Produk enzim yang terbentuk akan terlepas dari kompleks. Pada saat produk enzim telah keluar maka enzim yang bersangkutan akan menjadi tidak aktif sehingga substrat yang lain bereaksi dengan enzim tersebut.

Cara kerja enzim sangat dipengaruhi oleh lingkungan, seperti suhu, derajat keasaman (PH), hasil akhir reaksi, zat penghambat (inhibitor), dan aktivator.

 

  1. Suhu

Enzim akan bekerja secara aktif jika paada suhu sekitar 30 derajat celcius. Dalam suhu yang terlalu tinggi, enzim akan rusak atau tidak berfungsi dan tidak dapat aktif walau sudah kembali pada suhu normal. Dalam suhu 0 derajat celcius. Atau dibawahnya, enzim ini akan menjadi non aktif dan dapat aktif kembali bila berada dalam suhu optimal.

Setiap kenaikan suhu 10 derajat celcius, akan terjadi kenaikan enzim dengan kecepatan reaksi enzim menjadi 2x lipat. Tentu saja hal tersebut hanya dapat terjadi jika suhu masih berada dalam batas yang wajar (suhu optimal). Kenaikan suhu ini sangat berhubungan dengan peningkatan energi kinetic yang ada dalam enzim dan substratnya. Kecepatan molekul substrat akan meningkat pada suhu yang lebih tinggi sehingga cepat bertabrakan dengan enzim dan dengan mudah akan mengikat diri pada sisi aktif enzim.

Peningkatan suhu yang ekstrim dapat menyebabkan atom-atom penyusun enzim bergetar sehingga menyebabkan ikatan hydrogen terputus dan denaturasi (rusak). Enzim yang mengalami denaturasi bersifat irreversible atau tidak dapat kembali.

 

  1. Derajat

Enzim akan bekerja dengan baik jika berada dalam pH yang netral, jika berada dalam pH yang asam maupun basa kinerja enzim akan terganggu. Umumnya enzim intrasel akan dapat bekerja dengan efektif jika berada dalam kisaran pH 7,0. Jika kadar pH ini dinaikkan atau diturunkan maka aktivitas enzim akan menurun drastis. Namun, ada beberapa enzim mempunyai pH optimum sangat asam, seperti pepsin yang bekerja pada lambung dalam suasana asam (pH2,0) atau amylase yang bekerja di usus dua belas jari dengan suasana basa, pH 7,5.

 

  1. Hasil Akhir Reaksi

Kerja enzim dipengaruhi oleh hasil akhir reaksi. Jika hasil akhir menumpuk maka enzim akan mengalami kesulitan untuk bertemu dengan substrat. Kondisi ini lama-lama akan memperlambat kerja enzim.

 

  1. Inhibitor

Adalah suatu zat yang menghambat kerja enzim. Inhibitor dapat menghambat kerja enzim untuk sementara maupun secara tetap. Inhibitor ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu kompetitif dan non kompetitif. Inhibitor kompetitif merupakan molekul penghambat yang bersaing dengan substrat agar dapat berikatan dengan sisi aktif enzim. Misal sianida bersaing dengan oksigen untuk mendapatkan hemoglobin dalam rantai respirasi terakhir. Zat penghambat ini hanya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan menambah substrat

Inhibitor non kompetitif bekerja di sisi luar enzim yang aktif dengan cara melekatkan dirinya. Non kompetitif memperlambat kinerja sisi enzim dengan masuk ke dalamnya. Inhibitor non kompetitif sangat pintar untuk mengubah bentuk enzim tidak berfungsi.

 

  1. Aktivator

Memiliki cara kerja yang berlawanan dengan inhibitor aktifator merupakan molekul yang memudahkan enzim berikatan dengan substratnya.

 

Kerja Enzim Dala Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan makanan pada manusia ini dapat dipilah menjadi beberapa bagian yang di mulai dari mulut, kerongkongan, lambung usus halus, usus besar.

Pada saat mengunyah makanan, kelenjar ludah yang ada di dalam mulut akan membantu gigi dalam melumatkan makannan. Setelah dirasa halus, makanan ditelan dan masuk ke dalam lambung melalui kerongkongan (esfogus). Kerongkongan manusia sendiri berbentuk seperti pipa dengan panjang sekitar 25 cm pada orang dewasa.

Lambung merupakan saluran pencernaan makanan yang lebar dan berbentuk seperti kantong. Lambung terletak di bagian atas rongga perut sebelah kiri dan bagian lainnya tertutup oleh hati, limpa, dan usus besar. Di Lambung makanan bercampur dengan asam lambung (asam HCL), mukus, dan pepsin. Asam lambung mematikan bakteri sebagian besar bakteri mengubah pencernaan protein dan menghasilkan pH untuk kerja pepsin serta merangsang aliran air liur pankreas. Pepsin akan mengurai protein menjadi ikatan peptide, mukus melindungi lambung dari asam lambung. Di dalam lambung pun, makanan akan berubah menjadi lebih encar seperti bubur.

Dari lambung makanan kemudian masuk ke usus halus. Usus halus terdiri dari 3 bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), jejunum, dan ileum. Dalam usus dua belas jari bermuara saluran kelenjar ludah perut atau kelenjar pankreas. Garam empedu dari kandung empedu serta enzim pancreas akan mengurai karbohidrat dan lemak.

Zat-zat makanan yang terurai akan diserap oleh dinding usus halus. Sisa-sisa makanan yang tidak terserap oleh usus halus kemudian masuk ke usus besar, di dalam usus besar terjadi penyerapan air, elektrolit, dan vitamin K. Karena ada penyerapan air, sisa makanan akan menjadi padat. Sisa makanan akan dikeluarkan dalam bentuk feses (tinja) melalui anus.

Produk terbaru

Rp 25.000
Rp 25.00030.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0210
Nama BarangTeh Celup Daun Tiin
Harga Rp 25.000 30.000
Anda HematRp 5.000 (16.67%)
Lihat Detail
Rp 45.000
Rp 45.00050.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0210
Nama BarangMadu Nafsu Anak
Harga Rp 45.000 50.000
Anda HematRp 5.000 (10.00%)
Lihat Detail
Rp 210.000
Rp 210.000250.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0140
Nama BarangJelly Gamat Gold G 500 ml
Harga Rp 210.000 250.000
Anda HematRp 40.000 (16.00%)
Lihat Detail
Rp 90.000
Rp 90.000100.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0139
Nama BarangMinyak Lintah Papua
Harga Rp 90.000 100.000
Anda HematRp 10.000 (10.00%)
Lihat Detail
Rp 65.000
Rp 65.00070.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0138
Nama BarangRed Oil Papua (kapsul minyak buah merah Papua)
Harga Rp 65.000 70.000
Anda HematRp 5.000 (7.14%)
Lihat Detail
Rp 55.000
Rp 55.00055.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0137
Nama BarangMUTIA VIRGIN COCONUT OIL
Harga Rp 55.000 55.000
Anda HematRp 0 (0.00%)
Lihat Detail
Rp 25.000
Rp 25.00030.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0136
Nama BarangSari Kurma Sahir Ajwah
Harga Rp 25.000 30.000
Anda HematRp 5.000 (16.67%)
Lihat Detail
Rp 65.000
Rp 65.00070.000
Order Sekarang » SMS : 0857-4376-6444
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHS0135
Nama BarangAl Arobi Zaitun 200 kapsul
Harga Rp 65.000 70.000
Anda HematRp 5.000 (7.14%)
Lihat Detail